Volunteer IAIN Kudus Jalankan Youth Social Expedition di SDN 2 Ngadas Malang – Ayu Sastra

Volunteer IAIN Kudus Jalankan Youth Social Expedition di SDN 2 Ngadas Malang

Relawan dari Mahasiswa IAIN Kudus foto bersama di depan tiang UKS SDN 2 Ngadas Malang, (doc. ayusastra.com/Ayu Lestari).

REMBANG, ayusastra.com – Relawan dari mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menjalankan program Youth Social Expedition (YSE) di SDN 2 Ngadas Malang, Senin (8/5/2023).

Student Action gelar kegiatan Youth Social Expedition (YSE) yang ke 6 di Dusun Jarak Ijo Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Malang Jawa Timur pada tanggal 1-6 Mei 2023. Ada 6 volunteer yang ikut dalam pengabdian tersebut.

Keenam volunteer tersebut yaitu A. Syahrul Adzim (UIN Malang), Marfu’atul Mahiroh (IAIN Kudus), Teresa Avilla A. P. (UGM), Ika Karissma (UNNES), Rico Wahyu E. Y. (STAH N Mpu Kuturan Singaraja), dan Yayan Hidayat (Universitas Siliwangi) sekaligus founder dan fasilitator.

Yayan Hidayat, penggerak Student Action, mengaku bahwa YSE merupakan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh Student Action. Program ini berfokus pada kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh para pemuda terbaik dengan latar belakang disiplin ilmu yang berbeda dari berbagai daerah di Indonesia.

“Peserta dipilih berdasarkan kemampuannya yang luar biasa pada setiap proses seleksi serta ketertarikannya dalam bidang sosial dan pengabdian masyarakat,” kata Yayan.

Marfu’atul Mahiroh, relawan dari IAIN Kudus program studi Tadris Matematika yang sekaligus koordinator bidang pendidikan ini mengatakan bahwa ia tertarik program ini karena ingin menambah pengalaman dan relasi, terlebih karena lokasi pengabdian pun masih di pulau Jawa.

“Ini adalah kegiatan pertama saya yang mengharuskan saya berani untuk pergi sendiri meski saya perempuan. Karena lokasi masih di pulau Jawa, bisa menjadi permulaan untuk saya menjelajah setelahnya,” tutur Mahir.

Kegiatan ini juga menjadi wadah juga untuknya mempraktikkan teori ilmu pendidikan yang telah ia dapatkan di perkuliahan.Adapun program yang dilaksanakan meliputi sosialisasi sampah, pemanfaatan sampah menjadi karya kolase, pembuatan plang informasi cerdas pemilahan sampah, dan tentunya mengenal anak-anak di sana dengan cita-citanya.

Selain itu kegiatan ini dilakukan agar setiap peserta bisa mengenal budaya serta potensi wisata yang ada di daerah pengabdian, yaitu tentang suku Tengger yang bermula dari kisah Rara anteng dan Jaka seger, kemudian ditutup dengan kunjungan wisata ke puncak gunung Bromo.Kendati demikian, harapan dari keberlangsungan program tersebut yakni dapat memberikan kesan positif bagi peserta didik maupun bapak ibu guru.

“Harapan saya ketika kami ataupun saya pribadi berkunjung kembali ke desa ataupun SD N 2 Ngadas ini dapat di diterima kembali dengan baik ibu guru dan siswa-siswi di sini,” tegasnya.

(ayl/fka)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099