Tingkatkan Keterampilan, PMI Rembang Sukses Gelar Pelatihan Pelatih PMR Gelombang I – Ayu Sastra

Tingkatkan Keterampilan, PMI Rembang Sukses Gelar Pelatihan Pelatih PMR Gelombang I

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang saat mengadakan Pelatihan Pelatih PMR Gelombang I (doc. Ayu Lestari)

REMBANG, ayusastra.com – Pelatihan Pelatih Palang Merah Remaja Gelombang I Tahun 2022 telah usai dilaksanakan pada Rabu, (14/9/2022) berlokasikan di aula I Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang.

Pasalnya, sebanyak 50 orang pembina dari masing-masing sekolah se-Kabupaten Rembang menghadiri pelatihan tersebut. Disana juga nampak dihadiri oleh Wakil bupati Rembang, H. Hanies Cholil Barro’, dr. Samsul Anwar selaku ketua PMI, Edhy Nurwanto, S.Pd sebagai wakil ketua, dan Iwan Thomasfa, SE. selaku Kabid anggota dan relawan.

Sekretaris PMI Kabupaten Rembang, Anggara Dwi Sulistiyanto, S.ST. M.Kes, AIFO menyampaikan hal yang menarik dari acara tersebut setara dengan melatih para pelatih PMR supaya ekstrakurikuler PMR menjadi pilihan yang paling diminati oleh siswa-siswi.

“Pasca pelatihan Pelatih ini bapak atau ibu guru dapat membina dari masing-masing unit PMR yang ada di sekolahan. Serta harapannya kedepan dapat mengembangkan unit PMR yang ada di sekolah masing-masing sehingga menjadi suatu cara yang alternatif pilihan siswa untuk memilih ekstrakurikuler,” kata Anggara dalam keterangan ayusastra.com saat diwawancarai di kantor PMI Kabupaten Rembang.

Anggara Dwi Sulistiyanto pada saat memberikan materi Pelatihan Pelatih PMR di PMI Kabupaten Rembang. (Ayu Lestari/ ayusastra.com)

Anggara juga menambahkan potensi Palang Merah Remaja (PMR) sekarang setelah mengalami era transisi dari pandemi ke endemi.

“Era transisi seperti ini memang agaknya untuk ekstrakurikuler belum dikedepankan. Tapi kedepannya PMR harus menjadi utama menjadi pilihan setelah ekstrakurikuler wajib, karena ekstrakurikuler menjadi nilai tambah selain intrakurikuler belajar kegiatan belajar mengajar agar siswa lebih terampil,” tandasnya.

Senada dengan hal itu, Yufika alam D,S.I.Pust selaku staf administrasi mengakui diadakannya pelatihan ini, pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang sekaligus memberikan sosialisasi terhadap pelatih terkait kepalangmerahan.

“Selain kita mendapatkan kurikulum PMR kita juga sekaligus mensosialisasikan khusus di bidang kepalangmerahan tahun 2018 yang memuat tentang peraturan penggunaan logo dan penggunaan aplikasi siamo dan lain sebagainya. Jadi, selain mendapat materi, kita juga dapat mensosialisasikan terkait pendataan PMI secara lengkap dan akurat,” pungkasnya.

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099