Taj Yasin Maemon Zubair Sosok politikus, seorang santri sederhana yang menginspirasi kaum Millenial – Ayu Sastra

Taj Yasin Maemon Zubair Sosok politikus, seorang santri sederhana yang menginspirasi kaum Millenial

Taj Yasin lahir di Rembang, Jawa Tengah 2 Juli 1983 umur 37 tahun merupakan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018–2023. Beliau adalah wakil dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sebelum menjadi wakil gubernur, Taj Yasin merupakan Anggota DPRD Jawa Tengah dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan yang berasal dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah 2 (Kabupaten kudus,Jepara,Demak). Beliau duduk di Komisi E yang membidangi pengawasan dalam bidang kesra, agama, pendidikan, olahraga, pemuda, dan bidang terkait. beliau dikenal sebagai anak ulama terkenal dari Rembang, Jawa Tengah Yaitu KH. Maemon Zubair. Beliau dianggap sebagai representasi kalangan religius terutama Nahdhotul Ulama’. Selain itu, beliau merupakan salah satu ketua Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah.

Sosoknya yang ramah dan pembawaannya lembut seperti seorang santri pada umumnya, beliau sering dipanggil dengan nama panggilan Gus Yasin. tinggal di Desa Karangmangu RT 04 RW 01, Kecamatan Sarang,Kabupaten Rembang. Wakil Ketua DPW PPP ini telah menikah dengan Nawal Yasin dan dikaruniai tiga orang anak. Selain menempuh pendidikan di Rembang, Taj Yasin juga pernah berkecimpung Pelajar Islam Indonesia di Damaskus, Suriah.

Gus Yasin beliau juga sosok Kyai pernah menjadi guru Pondok Pesantren Al-Anwar atau yang dikenal dengan sebutan pondoke Mbah Maimun Sarang atau pondoke mbah Kholil Rembang ini telah memiliki 3.210 santri. Sejak 2010, Gus Yasin turut aktif sebagai guru pesantren dalam perkembangan pondok pesantren yang didirikan oleh ayahnya KH. Maimoen Zubair hingga kini Gus Yasin masih memperhatikan program oleh Pemprov Jateng untuk mengalokasikan anggaran insentif guru agama di Provinsi Jawa Tengah.

Penulis : Sabarudhien Ismail
Asal : Rembang, Jawa Tengah

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099