STAILA Gelar Sekolah Organisasi Sekaligus Pelantikan Raya Ormawa Tepat di Hari Sumpah Pemuda

Badan Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STAI Al-Hidayat Lasem resmi dilantik bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. (Dok. Failanaja/ayusastra.com)

REMBANG, ayusastra.com – STAI Al-Hidayat Lasem Gelar sekolah organisasi sekaligus pelantikan raya Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tepat di Hari Sumpah Pemuda yang bertempat di gedung STAILA lantai dua pada, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan kali ini mengusung tema “Mencetak Generasi Penerus Bangsa, Mari Tumbuh Kembangkan Potensi diri Melalui Organisasi,” Ikhsanurrizqi, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STAILA memaparkan, kegiatan tersebut dilakukan lantaran situasi pada saat ini mahasiswa mulai menutup minatnya dalam berorganisasi. Mereka juga masih cenderung bersikap apatis.

Ikhsan menambahkan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membangkitkan semangat mahasiswa dalam berorganisasi dan supaya para mahasiswa lebih tahu tentang apa itu organisasi, serta memahami betapa penting dan manfaatnya yang akan diperoleh melalui berproses di sebuah organisasi.

Kegiatan berjalan dengan lancar, dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an, sambutan sambutan, dan dilanjutkan dengan Pelantikan Raya Ormawa.

Puncak kegiatannya pada sesi talkshow, dimana ketiga narasumber memberikan materi yang sangat berbobot.

Pemateri tersebut antara lain Riza Rino Lanuardy, Sekretaris Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Rembang masa khidmat 2021-2022, lalu ada Muhammad Najih, Ketua Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Cabang Lasem, kemudian saudara Khanda Eka sebagai Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Rembang (FKMR).

Pembelajaran penting mengenai organisasi yang disampaikan seperti pengertian organisasi, tujuan dari sebuah organisasi, sikap dalam berorganisasi, tahapan dan proses suatu organisasi, bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik dalam organisasi, dan juga bagaimana cara membangun loyalitas anggota dalam organisasi.

“Banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini, terkhusus bagi para mahasiswa mau memerhatikan dengan seksama,” tutur Ikhsan.

Adapun beberapa poin penting yang disampaikan Ikhsan selaku Ketua DEMA STAILA.

“Pertama, relasi yang mana kita tahu bahwa narasumber yang kita undang mempunyai posisi posisi yang penting. kedua, ilmu tentang organisasi itu sendiri, dan yang ketiga dapat mengaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari.” ujarnya.

Ia pun mencontohkan korelasi antara tujuan dan manfaat berorganisasi yang dapat diterapkan mahasiswa kesehariannya.

“Misalnya suatu saat mahasiswa itu jadi pengurus UKM, atau HMJ dan sebagainya maka dia sudah memiliki bekal bagaimana gambaran secara globalnya dan nantinya skill itu akan terasah dengan sendirinya seiring berjalannya waktu,” pungkasnya.

Penulis : Failanaja Fauzuna (Anggota LPM SERAWA)

Editor : Ayu Lestari

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099