Sejarawan Kota Lasem Menjadi Pelopor Pelestari Cagar Budaya – Ayu Sastra

Sejarawan Kota Lasem Menjadi Pelopor Pelestari Cagar Budaya

GAMBAR: Sejarawan lokal berjelajah di beberapa situs-situs cagar budaya Kota Lasem

Muhammad Al Mahdi atau biasa dipanggil dengan nama Koh Lam menggeluti di dunia perjelajahan sejak tahun 2003 berawal dari hobi berpetualang dan jelajah di Pegunungan Lasem yang akhirnya menemukan banyak situs. Sehingga membangkitkan rasa ketertarikan terhadap peninggalan – peninggalan sejarah yang ada di Lasem.

Kesulitan yang beliau alami seperti melacak peninggalan sejarah yang ada di kawasan Lasem yang sanpai sekarang belum diketemukan prasasti dan banyaknya peninggalan sejarah di lasem yang hancur karena terpendam bencana alam. Rasa cintanya terhadap sejarah semakin bertambah disebabkan banyaknya komunitas -komunitas baru yang bermunculan. Menurutnya, cagar budaya adalah bentuk fisik bagian dari warisan budaya masyarakat terdahulu berupa bangunan bersejarah, karya seni dan sebagainya.

Dalam menciptakan strategi yang menarik bagi anak muda dengan mendirikan komunitas-komunitas pelestari sejarah millennial dengan seringnya mengadakan kegiatan, jelajah situs serta diskusi – diskusi sejarah. Keberadaan lasem kota cagar budaya memberikan semangat untuknya khususnya kepada masyarakat agar senantiasa mencintai Kota Lasem yang notabene menjadi cikal bakal menuju world heritage.

Beliau, sebagai aktivis dan sejarawan dengan mengikuti berbagai komunitas yang ia ikuti antara lain paguyuban pelestari pusaka Bhre Lasem sebagai sekretaris, yayasan Lasem Heritage Foundation ( LHF ), yayasan Lasem Kota Cagar Budaya ( LKCB ) menjabat sebagai sekretaris, serta Ormas Laskar Wironegoro Indonesia sebagai anggota.Prestasi yang selama ini ia dapatkan di dunia pelestari sejarah dengan mendapatkan penghargaan atau piagam saat mengisi webinar sebagai narasumber dan di berbagai acara yang lain.

Harapan beliau untuk pelestarian cagar budaya di lasem semoga pemerintah memperhatikan komunitas-komunitas pelestari pusaka di lasem serta masyarakat cepat memahami akan pentingnya peninggalan leluhur sehingga turut serta menjaganya.

Semoga kebijakan pemerintah mampu meningkatkan potensi cagar budaya yang ada di kawasan lasem agar menjadi daya tarik wisata serta peneliti untuk datang di Lasem.

“Dengan pelestarian situs budaya di Lasem, saya harap pemberdayaan ini lebih baik lagi untuk kedepannya.” Tandasnya.

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099