Resolusi Tahun 2024: Lentera Kisik Plawangan Gelar Festival Budaya – Ayu Sastra

Resolusi Tahun 2024: Lentera Kisik Plawangan Gelar Festival Budaya

Sesi foto bersama para volunteer pasca pembukaan acara festival budaya lentera kisik. (Doc. Istimewa).

REMBANG, ayusastra.com – Menutup akhir tahun 2023, Lentera kisik sukses adakan festival budaya dengan berbagai macam pertunjukan seni yang memukau warga Plawangan, Kragan Rembang, Senin (1/1/2024).

Kegiatan itu berlangsung pada hari Sabtu dan minggu tanggal 30-31 Desember 2023, mulai pukul 16.30 WIB sampai keesokan harinya. Warga desa setempat berbondong-bondong menghadiri festival tersebut.

Penikmat festival budaya kali ini cukup lengkap, pasalnya partisipan dari berbagai pegiat literasi, sastra, dan komunitas yang lain turut meramaikan acara.

Rentetan agendanya meliputi pertunjukan tari orek-orek, tari goyang Semarang, paduan suara dari anak-anak Desa Plawangan, pertunjukan bela diri PSHT, reading night, tadarus puisi, musik akustik, dan lain sebaginya.

Perwakilan dari CSR PLN Nusantara Power ubjom rembang, Bapak Edi dalam sambutannya menyampaikan sebuah apresiasi dalam berlangsungnya kegiatan yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Tak hanya itu, beliau juga menjelaskan pentingnya mengenalkan dunia literasi sejak dini, khususnya anak-anak.

“Saya mewakili rekan-rekan mengucapkan banyak terima kasih dan salut untuk Lentera kisik yang konsisten dalam menggelar acara festival budaya setiap tahunnya. Sudah barang tentu menjadi spirit kami dalam mensupport baik dalam segi materiil maupun non materiil,” kata Edi.

Edi juga menambahkan, pentingnya kedekatan dunia literasi seluruh elemen, khususnya bagi anak-anak yang tumbuh kembangnya cukup pesat.

“Keberadaan literasi dan kedekatan bagi anak-anak adalah menjadi suatu strategi dalam meningkatkan minat membaca dan menulis, serta melestarikan budaya lokal Indonesia,” tandasnya.

Son Haji, pendiri Lentera Kisik menyampaikan jika festival lentera kisik yang ke 4 tahun berjalan dengan lancar.

Ahamdulillah di akhir tahun 2023, lentera kisik masih mampu mengadakan festival budaya. Ini menjadi festival yang ke 4 tahun bagi kami. Dan puji syukur acaranya berjalan lancar dan berlangsung khidmat. Disamping itu, berbagai rangkaian penampilan mulai dari tari, tadarus puisi yang di suport temen temen pegiat literasi dan teater tobong oleh Dodi Yan Masfa dari Surabaya,” ucap Son.

Sementara itu, Muhlisin, Pengelola TBM Lentera Kisik menyampaikan festival budaya kali ini lebih ke mengajak hadirin untuk melakukan pergerakan untuk melanggengkan literasi budaya.

“Untuk festival budaya tahun ini hampir sama seperti tahun kemarin, namun mungkin tahun kemarin lebih mengenalkan budaya literasi kepada masyarakat, kalau sekarang lebih mengajak untuk melakukan pergerakan untuk meliterasikan budaya pada masyarakat,” pungkas Lisin.

(ayl/gvn)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099