Pemkab Rembang Rencanakan Pemindahan Gapura Timur, Gapura Barat Diubah Perahu – Ayu Sastra

Pemkab Rembang Rencanakan Pemindahan Gapura Timur, Gapura Barat Diubah Perahu

Sumber foto: Kode Singkatan.

REMBANG, ayusastra.com – Penggeseran gapura pintu masuk bagian timur yang dicanangkan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang akan dieksekusi dalam rentang waktu dekat ini. Pada mulanya secara administratif, di wilayah Desa Tireman, akan pindah ke timur, yaitu di Desa Banggi Kecamatan Rembang, Kamis (17/11/2022).

Dilansir dari laman katakutip.com, Bupati Rembang, Abdul Hafid menyebutkan, jika aksi penggeseran lokasi gapura ini digunakan untuk memperluas wilayah kota.

“Bagian timur, akan diperluas. Jadi, batas kota bukan hanya di Tireman. Tetapi akan saya arahkan ke dekat Pasarbanggi. Sehingga kotanya agak luas,” jelas Hafidz.

Selain gapura timur, Hafidz menyeru, jika gapura sisi barat hendak diubah yang awal mula penampilannya lama menjadi tampilan yang lebih baru. Dan lagi-lagi, secara administratif, gapura barat berada di Desa Bogoharjo Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang.

Ia memaparkan, pembangunan gapura barat mengambil dari tema perahu. Secara istilah, perahu ialah sebuah filosofis Kota Rembang yang mempersentasikan sebuah budaya lokal.

“Hal ini bisa dikatakan adanya suatu pendekatan dari segi budaya lokal, sekaligus progres lokal. Disitulah tersiratkan oleh gambar perahu. Agar kelihatan indah,” sahutnya.

Berdasarkan wacana, pembangunan gapura tersebut, Pemkab Rembang menggelontorkan anggaran sebanyak Rp 1,1 miliar.

(ayl/dep)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099