Pemkab Adakan Virtual Tour 360 Derajat di Museum RA Kartini – Ayu Sastra

Pemkab Adakan Virtual Tour 360 Derajat di Museum RA Kartini

Rembang, ayusastra.com – Museum RA Kartini Rembang saat ini dapat dijadilkan jalur jelajah virtual 360 derajat atau Virtual Tour. Pengunjung dapat melihat sebanyak 224 koleksi benda peninggalan Pahlawan Emansipasi Nasional bisa melalui gawai saja. Kamis (25/8/2022).

Di museum tersebut terdapat meja rias, tempat merawat bayi, ranjang kayu, baju adat jawa , mesin jahit, foto- foto kenangan RA Kartini dan keluarga, dan lain sebagainya.Warga dan para wisatawan dapat mengakses Virtual Tour RA Kartini ini, bisa kapan saja.

Untuk mengunjungi secara langsung, dibuka mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB, khusus hari Jum’at buka 08.00-11.00 WIB.Sulistiyowati menuturkan bahwa pembuatan virtual tour 360° baru di museum RA.Kartini. Namun ke depan bisa saja merambah ke destinasi lainnya.

“Kalau di Rembang baru museum RA Kartini yang dibuat virtual tour 360 derajat , lainnya mungkin menyusul,” tuturnya.

Mutaqin, Kepala Dinas Kabudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang melalui Kabid Kebudayaan, Sulistiyowati mengatakan tujuan dengan dibuatnya virtual tour 360 derajat ini untuk menggencarkan promosi Museum RA Kartini di dunia maya. Para pelancong bisa menemui virtual tour di laman https://museumkartinirembang.id/vtour/.

“Dengan adanya virtual tour bertujuan untuk menarik perhatian calon wisatawan agar berkunjung langsung. Dengan mengunjunginya secara langsung, wisatawan dapat berswafoto dan memostingnya di berbagai media sosial,” ujarnya.

Pada laman tersebut terdapat berbagai foto seperti bothekan jamu milik RA Kartini berbentuk piramid 5 susun, jika link di klik, maka muncul beberapa deskripsi beserta historinya.

Seorang warga asal Sukoharjo, Latifa Ayu mengapresiasi atas peluncuran program virtual tour 360 derajat museum kebanggaan warga Rembang.

“Sangat bagus menurutku, di museum ini kita bisa mengelilingi dan melihat sudut pandangnya dari semua sisi. Yang belum pernah singgah tentu bisa melakukan surve lewat virtual tour dulu, biasanya kalau tertarik akan berlanjut untuk datang dan foto- foto,” Tegasnya.

Info yang beredar tentang virtual tour tersebut ada pada Rabu (24/8/2022) kemarin, Latifa langsung mengunjungi dan menyebarluaskan linknya. Harapannya supaya semakin banyak masyarakat yang mengetahui tentang virtual tour tersebut.

(AL)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099