Mahasiswa Millenial Wajib Memakai 10 Aplikasi Ini Untuk Meningkatkan Kapasitas Akademik – Ayu Sastra

Mahasiswa Millenial Wajib Memakai 10 Aplikasi Ini Untuk Meningkatkan Kapasitas Akademik

Ayusastra.com – Memanfaatkan ketersedian alat teknologi serba terkini menjadi kebutuhan utama apalagi untuk seorang mahasiswa yang penuh dengan jejalan tugas-tugas. Untuk para kalangan insan cendekiawan kalau mengerjakan tugas kuliahnya masih memakai cara kuno sepertinya sudah sangat ketinggalan zaman. Jelas-jelas inovasi teknologi industri 4.0 sudah mulai marak bermunculan beberapa aplikasi yang estetik dan pastinya sangat membantu dalam mengerjakan tugas harian maupun skripsi yang diberikan oleh dosen pengampu dari masing-masing mata kuliah.

Karena, kalau hanya mengandalkan cara-cara klasik, keefektifan dalam menyelesaikan tugas tidak semaksimal yang kita harapkan. Pasalnya, fakta membuktikan seringnya mahasiswa merasakan beberapa kali kesulitan dan merevisi tugas karena ada beberapa kesalahan yang sebenarnya menjadi persoalan yang sifatnya sangat remeh temeh. Kebutuhan terkait kehadiran berbagai aplikasi tersebut sudah menjadi suatu kewajaran karena melihat kapasitas sumber daya manusianya itu sendiri untuk mengalami perkembangan secara komprehensif.

Ditambah lagi dengan adanya kondisi yang masih dikepung oleh terkaman Covid-19 yang dilanda Negara Indonesia hingga sampai saat ini. Mengharuskan suatu strategi sistem pembelajaran serta kualitas dan kuantitas secara akademik. Langsung saja, berikut ada enam aplikasi yang wajib ada di gawai mahasiswa dalam meningkatkan kapasitas inventif di lingkup perkuliahan.

1. Teleprompter With Video Audio

Aplikasi ini membantu para mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang berbentuk audio visual dengan menampilkan slide. Nah, gunanya aplikasi ini membantu kalian untuk merekam video presentasi secara otomatis. So, kalian sudah tidak usah ribet dalam menyajikan video presentasi lagi. Karena sudah terbantu oleh aplikasi ini.

2. Turnitin – Plagiarism Checker

Kebiasaan plagiat atau menjiplak karya tulis orang lain menjadi suatu keniscayaan bagi seluruh mahasiswa. Untuk aplikasi ini kalian akan terbantu, karenanya aplikasi ini dapat mengecek karya tulis kamu apakah mengandung unsur plagiasi atau bukan di dalam tugas harian dan skripsimu.

3. Trello – Manage Team Project

Untuk kamu yang sering mendapati tugas yang bertumpuk-tumpuk dengan batas pengiriman yang tergolong tidak lama, kalian akan terbantu oleh aplikasi ini. Karena platform ini dapat mengatur jadwal deadline pengerjaan tugas-tugasmu yang sedang menumpuk.

4. iPusnas

Siapa sih yang tidak tahu tentang aplikasi yang satu ini, platform yang termasyhur di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia ini menjadi sumber buku bacaan bagi kalangan mahasiswa untuk dijadikan bahan referensi baik itu makalah, skripsi, tesis, maupun disertasi. Jadi, wajib bagi kalian untuk mengunduh aplikasi ini ya, sobat.

5. CamScanner

Aplikasi satu ini tugas utamanya mengscan tugasmu baik berupa foto, dokumen maupun berupa format file lainnya yang dirubah bentuk menjadi dokumen pdf dengan menggunakan piranti android kamu. Dan yang pasti, aplikasi ini sudah terjamin aman.

6. WPS

Aplikasi ini merupakan keseluruhan yang berasal dari beberapa platform ternama seperti Microsoft Windows, Linux, Android, serta IOS dan dikemas secara ringkas. Beberapa fitur yang ada dalam aplikasi ini membantu para mahasiswa dalam proses pengetikan dengan baik. Didalam aplikasi WPS ini, ada beberapa fasilitas yang bisa secara langsung dimiliki oleh mahasiswa dengan hanya mengunduh aplikasi ini. Diantaranya microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point.

7. Photomath

Untuk kalian yang mengambil jurusan matematika murni atau matematika pendidikan. Kalian harus mempunyai aplikasi ini di android kalian masing-masing. Karena aplikasi ini menjadi aplikasi unggulan dalam pembelajaran aritmatika sampai pembahasan kalkulus secara mudah dan instan.

8. Dojo

Mungkin masih terdengar asing untuk platform yang satu ini, tapi terobosan dari aplikasi tersebut tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi yang telah kita bahas sebelumnya. Dojo merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai macam tulisan ringan yang berbentuk artikel, buku, dan essay yang bisa kalian jadikan sumber referensi dalam menambah wawasan pengetahuan secara luas.

9. Essaytyper.com

Untuk aplikasi ini memang dispesifikasikan untuk mencari beberapa contoh atau koleksi beberapa essay dengan berbagai tema yang disediakan. Perlu kalian ketahui essay itu merupakan sekumpulan tulisan yang dibuat dari seorang penulis berdasarkan argumen serta asumsi dari penulis tersebut dengan berlandaskan data-data ataupun sumber yang terpercaya. Walaupun berbasis laman web, masih bisa kalian pergunakan untuk mencari referensi essay yang kalian butuhkan.

10. z.library.org

Serumpun dengan aplikasi iPusnas sebenarnya, tapi dari penyajian yang diberikan z.library lebih unggul. Karena aplikasi ini menyediakan berbagai angle tulisan yang berbentuk buku, artikel, maupun jurnal-jurnal yang pastinya terjamin kualitasnya dan orisinalitasnya terjaga. cocok banget buat mahasiswa-mahasiswa bukan hanya sekedar sebagai sumber referensi saja, melainkan menjadi bahan bacaan yang efektif dan fleksibel.

Nah, itu tadi 10 aplikasi yang harus ada di desktop gawai para mahasiswa untuk meringankan kegiatan-kegiatan selama masa perkuliahan berlangsung. Untuk itu, manfaatkan pembaruan teknologi terkini sehingga wawasan, produktivitas, kinerja, serta keterampilan yang kalian miliki bisa bertambah dan bermanfaat untuk kedepannya.

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099