Konsisten Berkarya, Siswi SLB N Lasem Menjadi Peserta Lomba Baca Puisi Tingkat Provinsi Jawa Tengah – Ayu Sastra

Konsisten Berkarya, Siswi SLB N Lasem Menjadi Peserta Lomba Baca Puisi Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Aisyah Ana Al Qoriyyah, siswi kelas 5 SLB Negeri Lasem turut berpartisipasi membaca puisi di gang boentoe, Soditan Lasem. (Doc. Ayu Lestari/ayusastra.com).

REMBANG, ayusastra.com – Keuletan Aisyah Ana Al Qoriyyah, siswi difabel tuna grahita kelas 5 di Sekolah Luar Biasa Negeri Lasem (SLB N Lasem) dalam menekuni puisi membuahkan hasil, pasalnya ia menjadi salah satu peserta kategori SD dalam lomba baca puisi tingkat provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Rumah Literasi Aruna, Jumat (4/11/2022).

Nurjanah, ibu dari Aisyah Ana Al Qoriyyah selalu melatih membaca dan menulis setiap hari.

“Kalau saya seringnya mengajarkan Aisyah untuk selalu membaca dan menulis seperti pada umumnya, selain itu berkat bimbingan guru-guru di SLB negeri Lasem sangat membantu dalam proses belajarnya Aisyah termasuk dalam membaca puisi dan lainnya,” kata Nurjanah dalam keterangan ayusastra.com melalui pesan singkat di WhatsApp.

Namun, tak dipungkiri beberapa kendala yang menghinggapi seperti masih kurang fasih dalam membaca dan menulis kerap dialami Aisyah.

“Ya itu, kalau dalam membaca dan menulis memang belum fasih. Saya harus lebih sering mendikte berulang kali sampai dia hafal, karena kebetulan untuk daya ingat lumayan bagus, sambil saya mempraktekkan gaya cara membaca puisi yang saya tahu,” ujarnya.

Senada dengan Nurjanah, Eko Hadi Wibowo, Guru SLB Negeri Lasem juga membenarkan jika Aisyah cenderung menyukai bidang sastra sejak di bangku kelas 3 SD.Walaupun begitu, anak difabel seperti Aisyah acap kali mengalami hambatan selama berlatih.

“Aisyah salah satu murid kami yang menyandang tuna grahita, jadi ia mempunyai hambatan berpikir. Tapi dia salah satu murid yang bisa membaca dan memiliki cengkok dalam membaca puisi,” jawab Hadi.

Salah satu anggota penyair Lasem gang boen toe, Rasyid Ridho pun sangat terharu atas kegigihan dari anak berkebutuhan khusus seperti Aisyah.

“Saya sungguh sangat terharu dan terkesan kepada siswa-siswi dari SLBN Lasem. Mereka memang memiliki keterbatasan pada fisik, akan tetapi kreatifitasnya yang unik dan mampu memotivasi kami yang diciptakan sempurna, walaupun sejatinya Aisyah adalah manusia sempurna,” terangnya.

Ridho pun terheran-heran dengan penampilan Aisyah saat membaca puisi di acara Festival Gang Boen Toe pada Sabtu, (29/10/2022).

“Saya saja heran dengan aksi membaca puisinya. Penampilannya sangat bagus, mampu sejajar dengan orang pada umumnya, apalagi Aisyah menjadi peserta kategori SD dalam lomba baca puisi tingkat provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya.

(Ayl/Fka)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099