Kembang Api dan Puisi Lainnya – Ayu Sastra

Kembang Api dan Puisi Lainnya

Penulis: Riessa

Tungku Tua

Bertahun aku di sini
Bersandar pada bilik bambu
Berteman kayu-kayu

Tubuh terbalut abu jelaga
Panas terbakar api membara
Diri menghitam bagai arang
Tungku tua tak lekang oleh zaman

Surabaya 14 Juni 2022


Kembang Api


Malam itu
Selepas ibadah
Langit Desember 
Kulihat cukup cerah

Kau menghampiri.
"Hai lagi apa?" sapamu akrab, "ikut yuk, ada kejutan!"

Kau tutup mata ini
Dengan sehelai sapu tangan
Kedua tanganku digandeng perlahan

"Hati-hati, ya jalannya!"
"Mau ngajak ke mana sih? Kok mataku ditutupi segala?" tanyaku.
"Ada deh," jawabnya.

Setelah berjalan sepuluh langkah.
"Kita naik motor saja, ya!" ujarnya.
"Dengan mata tertutup begini?" tanyaku lagi.
"Hmmm..." 

"Sudah 15 menit nih."
"Masih jauh ya?"
"Memang kamu tahu ini sudah 15 menit."

Aku hanya diam saja
Ya, memang aku nggak tahu pasti sudah berapa menit perjalanan
Tapi yang pasti aku merasa sudah cukup lama berkendara

"Rey, kamu mau ajak ke mana sih?"
"Ada aja."  
Lagi-lagi jawabanmu nggak memuaskan

Selang beberapa menit motor berhenti 
Walau saputangan masih menempel
Aroma udara tepian danau terhirup hidung ini

Kau tuntun aku perlahan 
"Kita duduk di sini saja ya"
Aku hanya mengangguk tanda setuju
Lalu penutup mata kau buka

"Rey,  ini kan di...."
"Ssstttt... Sebentar lagi ada pemandangan istimewa."

Benar saja

DUARRR! 

DUERRR!

Langit yang gelap tiba-tiba menjadi terang-benderang
Nyala kembang api 
Mengubah suasana
Aku terpana melihatnya

"Kamu suka, Dik?" tanyamu
Lagi-lagi aku hanya mengangguk 
"Kenapa bengong gitu?" tanyamu lagi
"Indah sekali, Rey"
"Ya, indah, seperti nama kamu: Indah."

Surabaya, 10 Juni 2022

Riessa Muljanto, penyair. (Ayu Lestari/ayusastra.com).

Namanya Riessa Muljanto. Ia lahir di Cirebon, 30 Maret 1980. Ia tergabung di Kelas Puisi Alit dan pernah belajar di Ruang Kata yang diasuh oleh Muhammad Iskandar. Tak hanya itu, ia juga tergabung di grup Genitri di bawah pengasuhan ibu Iis Singgih. Karya-karyanya dimuat media Harvest Fans Club, Zona Nusantara, Suara Krajan, Dermaga Sastra, dan Kulon Progo. IG: @Riessa Muljanto WA: 081214992633

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099