Jalan Desa Turusgede Rembang Banyak Yang Berlubang: Warga Desa Desak Pemerintah Agar Segera Diperbaiki – Ayu Sastra

Jalan Desa Turusgede Rembang Banyak Yang Berlubang: Warga Desa Desak Pemerintah Agar Segera Diperbaiki

Kondisi kawasan jalan daerah Desa Turusgede yang memprihatinkan warga sekitar dan pengendara motor lainnya. (Doc. Istimewa/ayusastra.com).

REMBANG, ayusastra.com – Jalan Desa Turusgede, Rembang, Jawa Tengah sudah banyak yang berlubang, warga himbau pemerintah Kabupaten (Pemkab) segera memperbaiki infrastruktur tersebut, Sabtu (13/1/2024).

Tak hanya itu, di jalan tersebut kerap terjadi kecelakaan tunggal karena menghindari jalanan yang rusak. Dua bulan yang lalu, telah terjadi sebanyak delapan korban.

Dilansir dari laman Jawa Pos Radar Kudus, ada sejumlah titik kerusakan sepanjang Jalan Desa Turusgede. Jalur ini menjadi alternatif untuk menuju kawasan pabrik Para pekerja biasa melintas menggunakan sepeda motor.

Kawasan jalan tersebut tampak banyak lubang yang tergenang oleh air, sehingga kendaraan mau tak mau harus menurunkan kecepatannya.

Dari kesaksian salah satu warga, Sumi namanya, mengatakan jika dua bulan terakhirtotal delapan kali terjadi kecelakaan. Dimana secara kebetulan, rumahnya tak jauh dari area jalan rusak.

Yang cukup mencengangkan, ia juga memasang CCTV, sehingga dia dapat leluasa menyaksikan kecelakaan di sekitar rumahnya.

“Padahal sudah pelan-pelan. Dua bulan ini total sudah delapan kali orang jatuh disini. Paling parah itu anak blora (korban kecelakaan) sampai benjol-benjol,” tutur Sumi.

Sumi menambahkan, sekitar lima bulan yang lalu, ada juga kecelakaan yang dialami salah satu pekerja pabrik yang beberapa waktu lalu ia bersama warga berinisiatif melakukan iuran untuk menambal lubang jalan.

“Ini hasil dari iuran warga,”imbuhnya.

Selaras dengan kejadian ini, Sudari, warga setempat juga mengeluhkan kerusakan jalan ini. Sebab, kerusakan ini sudah terjadi sejak sekitar empat tahun lalu.

“Mulai dari sini (Desa Turusgede) sampai Sridadi,” jelasnya.

Kerusakan yang paling parah memang salah satunya di daerah Desa Turusgede. Dia juga membenarkan sering terjadi pengendara yang jatuh akibat rusaknya infrastruktur penghubung antardesa ini.

“Kalau jatuh yang sering sekali. Contohnya ya karyawan pabrik yang dari pagi. Pulangnya jam empat sore,” tandasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang telah berencana menganggarkan perbaikan jalan tersebut.

Terkait perbaikan jalan antardesa, Abdul Hafidz, Bupati Rembang menginformasikan, pihaknya hanya dapat mengerjakan jalan yang telah disesuaikan serta memiliki Surat Keputusan (SK) Bupati.

“Jalan antardesa yang bisa diperbaiki adalah yang Sesuai SK Bupati, yang belum, masih ada perundingan lebih lanjut, apakah tetap dilakukan perbaikan atau tidak, tapi yang ber SK sudah barang tentu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah,” pungkasnya.

(ayl/fka)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099