ForGen Giat Genre Mengabdi Jilid 1 Bersama TBM Lentera Kisik Plawangan – Ayu Sastra

ForGen Giat Genre Mengabdi Jilid 1 Bersama TBM Lentera Kisik Plawangan

Momen foto bersama sebelum menanam pohon di area bibir pantai Lentera Kisik, Plawangan Kragan Rembang. (Doc. Istimewa /ayusastracom).

REMBANG, ayusastra.com – Pengurus Forum Generasi Berencana (ForGen) Kabupaten Rembang sukses menggelar kegiatan mengabdi jilid 1 yang berlokasikan di Taman Baca Masyarakat Lentera Kisik, Desa Plawangan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang selama dua hari, yaitu Hari Sabtu sampai Minggu tanggal 6-7 Januari 2023.

Sejumlah 16 pengurus turut menyemarakkan beberapa agenda seperti donasi telur (one day one ndog) yang dibuka mulai tanggal 1 sampai 8 Januari. Donasi tersebut diperuntukkan bagi masyarakat desa sekitar, khususnya bagi remaja yang beresiko mengalami gizi buruk dan stunting. Selasa (9/1/2024).

Perlu diketahui, stunting yaitu suatu kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan tinggi dan berat badan dan mengalami gangguan pertumbuhan selama masa produktifnya.

Lilik Rahmawati, selaku ketua pelaksana menuturkan, jika rentetan acara Genre mengabdi ini sangat banyak memberikan efek positif bagi masyarakat Plawangan dan sekitarnya.

“Seru sekali, mulai di hari pertama, ada acara sosialisasi di SDN 1 dan SDN 3 Desa Plawangan, khusunya untuk siswa-siswi kelas 6. Untuk sosialisasinya terkait gizi, kemudian ada memberikan telur dan obat tambah darah tidak hanya itu di hari 1 juga ada pengecekan jentik jentik di Desa Plawangan kemungkinan 15 kepala keluarga,” kata Lilik.

Selain itu, Lilik menambahkan, kegiatan pada sore hari yakni outbound dan nonton bersama anak anak.

“Dilanjut sore harinya kita ada outbound dan nobar film keluarga cemara series 1 dengan anak-anak Desa Plawangan,” ungkapnya.

Selain itu, adapun sidak pemeriksaan jentik dan pemberian obat abate di sekitar rumah yang dekat TBM Lentera Kisik, hal ini dilaksanakan agar kebersihan dan penanggulangan dalam mengatasi peredaran nyamuk dan pencegahan jumlah telur nyamuk semakin meluas dan menyebabkan penyakit demam berdarah.

Kemudian, ada juga sosialisasi GenRe. Ini menjadi titik awal penyebaran kegiatan positif yang dipelopori oleh Forum Genre dalam memperkenalkan ke kalangan remaja awal. Kegiatan berikutnya yakni tanam pohon. Tumbuhan yang tersedia ada bibit dari kawis dan cemara. Setelah menanam pohon, pengurus Forum Genre membantu untuk bersih-bersih pantai.

“Tanam pohon kurang lebihnya ada 30 biji termasuk dari bibit pohon cemara, asem, kawis, lalu kami semuanya lanjut bersih-bersih di sekitar pantai,” jawab Pras.

Pras menjelaskan, agenda genre kali ini sangat lantaran dapat memberikan sebuah pelajaran dalam mengatur segala kebutuhan selama acara berlangsung.

“Dari genre mengabdi ini, kami kiranya dapat belajar untuk mengatur dan membuat kegiatan pengabdian semaksimal mungkin, dan mencoba berbaur dan mengenal lebih dekat dengan masyarakat. Untuk tindak lanjut kami insya allah akan ada genre mengabdi volume 2,” tandasnya.

Selaras dengan seluruh pengurus Forum Genre (ForGen), Son Haji, pengelola sekaligus pendiri Lentera Kisik juga mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Intinya sukses terus untuk Forum Genre, semoga kedepannya jauh lebih baik dan terima kasih sudah menyempatkan dua hari untuk melaksanakan kegiatan kemasyarakatan disini,” pungkas Son.

(ayl/dna)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099