Ekonomi Syariah STAILA Gelar Seminar Nasional: Wisata Toleransi dan Wisata Halal Berbasis SGIER – Ayu Sastra

Ekonomi Syariah STAILA Gelar Seminar Nasional: Wisata Toleransi dan Wisata Halal Berbasis SGIER

Dua pemantik seminar nasional sedang memberikan penjelasan tentang wisata toleransi dan wisata halal berbasis SGIER di gedung STAILA lantai dua. (Doc. Istimewa/ayusastra.com)

REMBANG, ayusastra.com – Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayat Lasem (STAILA) untuk kesekian lainnya menggelar Seminar Nasional Wisata Toleransi & Wisata Halal Dalam Bingkai SGIER (State Of The Global Islamic Economy Report) di Gedung lantai dua pada, Sabtu (20/1/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh 13 perwakilan dari peserta didik SLTA sederajat Se Kabupaten Rembang. Seminar tersebut dimulai pukul 09.00 WIB.

Dr. Sholahudin Fatawi, M.Pd, Ketua STAI Al-Hidayat Lasem dalam sambutannya secara gamblang memberikan kemudahan fasilitas apabila peserta seminar bergabung dan memilih jurusan ekonomi syariah.

“Selain PAI, kami juga mempunyai salah satu program studi yang sangat luar biasa, yakni Ekonomi Syariah. Di prodi tersebut, jika bergabung di bidang ekonomi syariah, beasiswa akan kami berikan sampai 8 semester,” kata Gus Din. 

Demikian juga Faiqotun Ni’mah, M.E, selaku dosen program studi Ekonomi Syariah (ES) ini menjelaskan alasan memilih tema wisata toleransi dan wisata Halal yang berbasis dengan SGIER 

“Karena sebagai kaum civitas akademika terutama bidang ES harus mengikuti isu2 terbaru terkait ES. Termasuk juga trkait SGIER yg sedang viral pasca debat Capres-Cawapres utk Pemilu 14 Februari 2024 nanti,” kata Faiq.

Didukung dengan pernyataan pakar ES Prof. Dr. H Muhammad Syafii Antonio, bahwa SGIER memberikan kontribusi dalam memahami potensi dan peluang yang dapat dikembangkan dalam mendukung pertumbuhan ES di tanah air.

Perlu diketahui bahwa SGIER merupakan laporan yang membahas sektor-sektor ekonomi syariah secara global, diterbitkan oleh perusahaan swasta Dubai, DinarStandard. Tak hanya itu, SGIER merupakan laporan dari beberapa sektor-sektor ekonomi syariah secara global.

“Lasem juga memiliki Museum Nusantara yang terletak tepat di area Masjid Jami’ Lasem, dengan balutan ciri khas pecinannya namun juga terdapat ponpes Kauman dan STAILA sebagai kampus yang multikultural,” ucapnya.

Menurut Faiq, langkah selanjutnya pasca  seminar Nasional ini adalah mampu mengajak siswa, mahasiswa serta seluruh civitas akademika juga masyarakat untuk meningkatkan kesadaran halal untuk pertumbuhan ekonomi syariah, siap menerima pelayanan bagi yg mau mengajukan sertifikat halal produk melalui pendamping PPH salah satu dosen Ekonomi Syariah (ES).

Disamping itu, Faiqotun Ni’mah, M.E juga membeberkan cara dosen prodi ekonomi syariah untuk  merekrut mahasiswa baru.

“Melakukan sosialisasi bersama tim PMB di sekolah maupun ponpes yg mengizinkan santri sambil menempuh pendidikan formal, Mempromosikan STAILA terutama prodi ES lewat  media sosial, melakukan kegiatan-kegiatan seminar yg bertemakan ES dengan mengundang tamu atau siswa dari luar kampus,dan masih banyak lagi,” tegasnya. 

Selaras dengan peryataan itu, Amirul Fatihin, M.E, selaku pemantik pada seminar tersebut menjelaskan tentang wisata toleransi dan wisata halal dalam bingkai State of Global Islamic Economy Report (SGIER).

“Wisata toleransi di Lasem sangat variatif dan banyak beberapa peninggalan kuno yang mengandung nilai sejarah dan budaya. Kendati demikian, dengan adanya objek wisata namun kita sebagai civitas akademik tanpa tidak adanya akselerasi dan kolaborasi, itu hanyalah menjadi sebuah rencana tanpa aksi, sia-sia semata,” tandas Amir.

Amir juga menambahkan, bagaimana peluang mahasiswa ekonomi syariah di lingkungan masyarakat seperti salah satunya menjadi seorang yang mempunyai keahlian sertifikasi halal center bagi produksi UMKM.

(ayl/fka)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099