Cinta Bumi: Mahasiswa KKN IAIN Kudus Adakan Edukasi Budaya Menabung – Ayu Sastra

Cinta Bumi: Mahasiswa KKN IAIN Kudus Adakan Edukasi Budaya Menabung

Mahasiswa KKN Kelompok 15 Prodi Perbankan Syariah (PS) dan Tadris Matematika (TM) IAIN Kudus foto bersama dengan siswa siswi SDN 2 Sembongin Blora Jawa Tengah. (Doc. Mahiroh/ayusastra.com)

REMBANG, ayusastra.com – Kolaborasi Mahasiswa KKN Kelompok 15 Program Studi Perbankan Syariah (PS) dan Tadris Matematika (TM) IAIN Kudus  adakan edukasi menabung dengan tema “Cinta Bumi: Cinta Budaya Menabung Sejak Dini” di SDN 2 Sembongin, Kecamatan Banjarejo Blora, Sabtu (23/9/2023).

Kedua mahasiswa tersebut adalah Ulis Sa’adah (PS) dan Marfu’atul Mahiroh (TM). Dengan bertempat di aula sekolah dan dengan dihadiri oleh siswa kelas 4, 5, dan 6, edukasi tersebut bertujuan agar para siswa bisa belajar mengatur keuangan mereka sendiri dan bisa mulai merencanakan masa depan di mulai dari sekarang.

“Sesuai dengn jargon kita, bahwa : menabung untuk masa depan, dimulai dari sekarang!” Kata Ulis.

Sri Siswati, selaku kepala sekolah SDN 2 Sembongin memberitahukan bahwa di sekolah sudah ada kegiatan menabung. Salah satunya saat siswa mendapatkan Program Indonesia Pintar (PIP).

“Kalau dapat PIP itu yang sebagian ditabung. Agar bisa digunakan untuk kebutuhan sekolah siswa,” jelasnya.

Penyambutan hangat tidak hanya datang dari Kepala sekolah dan segenap guru-guru SDN 2 Sembongin, tetapi peserta sosialisasi juga. Fajar, salah satu peserta ternyata sudah menabung dan terbilang rutin juga. Dalam seminggu ia menyisihkan uang jajannya 5 ribu untuk dimasukkan ke dalam celengan.

“Pengen beli motor kak. Biar bisa saya gunakan untuk ke sekolah nanti kalau sudah besar,” ungkap Fajar.

Selain itu, ia juga selalu membawa bekal saat ke sekolah. Hal ini bisa menjadi solusi untuk para siswa  lainnya yang ingin menabung. 

“Kebutuhan perut terpenuhi, kebutuhan menabung juga ikut terpenuhi,” tegas Mahiroh.

Sebagai penyemangat dan untuk mengakhiri kegiatan tersebut, para siswa dierikan celengan agar dapat senantiasa semangat menabung.

(ayl/gvn)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099