Bulan Rajab dan Beberapa Keutamaan dan Amalannya – Ayu Sastra

Bulan Rajab dan Beberapa Keutamaan dan Amalannya

REMBANG, ayusastra.com – Setelah tahun berganti, tak terasa bulan Rajab datang menyambut dengan penuh kemuliaan. Perlu kita ketahui, Bulan Rajab merupakan satu dari empat bulan haram yang dimuliakan oleh Allah SWT. Dalam firmanNya, adapun doa yang sering dibaca Rasulullah saat memasuki bulan Rajab yakni:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.

Memasuki Bulan Rajab, ada beberapa amalan yang bisa diterapkan untuk kehidupan sehari-hari yang menjadi gudang pahala bagi manusia bertakwa, diantaranya yaitu:

1. Memperbanyak mengucapkan kalimat istighfar

:اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: “Ya Allah, Engkau-lah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu dan aku dalam genggaman Mu. Aku dalam perjanjian-Mu (beriman dan taat) kepada-Mu sekadar kemampuan yang ada padaku. Aku berlindung kepada-Mu daripada kejahatan yang aku lakukan. Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan mengakui dosaku. Karena itu, aku memohon ampunan-Mu, dan sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa seseorang, kecuali Engkau, ya Allah.”

2. Bersedekah

Dikutip dari buku Hikmah Sedekah: Menemukan Kebaikan dalam Memberi karya Hamid Sakti Wibowo, sedekah adalah tindakan memberikan harta atau bantuan kepada orang yang membutuhkan, tanpa mengharapkan imbalan atau balasan dari penerima.

Dalam perspektif lainnya, bersedekah bisa dikatakan sebagai pembersih harta dan rasa kikir. Ke aku-an dalam hati dan rasa memiliki yang berlebihan menimbulkan rasa tamak, ketamakan sifat tersebut dapat merusak hati dan kesucian dari fitrah seorang manusia.

3. Berdzikir, baik mulai pagi hingga matahari terbenam

Untuk dzikir 10 Hari Pertama Bulan Rajab, bacaan dzikir yang dapat dilantunkan pada 1-10 Rajab yakni:

سُـبْحَان الله الْحَيِّ الْقَيُّوْمِ

Sebaiknya dibaca sejumlah 100 kali selepas sholat fardhu.

Lalu, dzikir 10 Hari Kedua Bulan Rajab

سُبْحَانَ اللهِ اَحَدِ الصَّمَدْ

Dzikir ini juga dibaca sebanyak 100 kali juga.

Setelah itu, membaca dzikir 10 Hari Ketiga di Bulan Rajab

سُبْحَانَ اللهُ الرَّؤُوْفُ

Dibaca 100 kali, dan dilanjut membaca surah al-Ikhlas sebanyak 2 kali.

4. Membaca shalawat nabi. Apapun jenis shalawatnya, diperkenankan untuk dilakukan setiap hari.

5. Membaca doa Bulan Rajab.

Dari sinilah, bagaimana Allah SWT sangat murah hati dalam memberikan pahala kenapa kita, khususnya kaum muslimin dan muslimat, tak hanya itu ada banyak keutamaan Bulan Rajab yakni:

a. Bulan haram yang dimuliakan

b. Bulan yang memiliki cucuran rahmat Tuhan

c. Larangan berperang

d. Disunnahkan puasa Rajab

E. Bulan kebaikan dan penuh Rahmat

F. Bulan penuh kedamaian dalam hati dan jiwa

g. Malam yang mustajab untuk berdoa (guna kepentingan duniawi maupun ukhrawi)

h. Bulan ibadah.

I. Diwajibkan shalat 5 waktu dalam peristiwa memperingati terjadinya Isra’ Mi’raj.

(ayl/gvn)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099