Baru Kali Ini Debat Capres Sangat Seru dan Panas: Permasalahkan Pergerakan Angin Polusi serta Branding Jargon – Ayu Sastra

Baru Kali Ini Debat Capres Sangat Seru dan Panas: Permasalahkan Pergerakan Angin Polusi serta Branding Jargon

Live Streaming Debat Calon Presiden Republik Indonesia. (Doc. Kanal YouTube Najwa Shihab/ayusastra.com)

REMBANG, ayusastra.com – Baru kali ini debat perdana calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 sangat seru dan panas. Dialog antar calon presiden ini digelar pada hari ini, Selasa (12/12/2023), di kantor KPU RI, Jakarta Pusat (Jakpus).

Menurut lansiran dari laman liputan6.com, Untuk debat capres 2024 perdana ini, yang bertarung hanyalah capres dari tiga kandidat yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Debat yang dipandu oleh moderator Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya Kusuma ini membahas beberapa topik penting, di antaranya Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial pun menyoroti debat capres 2024 ini.

Pantauan Citizen6-Liputan6.com, Selasa (12/12/2023), lini masa Twitter diramaikan dengan berbagai respons mengenai debat capres 2024.Banyak warganet mengklaim bahwa debat capres-cawapres 2024 kali ini lebih seru dibandingkan debat capres sebelumnya.

Selain sosok tiga paslon yang menarik perhatian, pernyataan tiga capres saat debat juga membuat warganet gregetan.

Berikut berbagai respons warganet di kanal YouTube Najwa Shihab:

“Saya inget bapak dulu cerita tentang masa muda di kopassus karena ia cerita tentang Pak Prabowo, kalau dia gak dipanggil Pak Prabowo untuk sekolah perwira, gak bakalan jadi anak seperti sekarang,” ujar akun @fly with radjaitan.

Disusul lagi komentar netizen berikutnya yang mengatakan tentang pergerakan angin polutan.

“Dicari sumbernya memang salah satu faktor adanya polutan adalah pergerakan angin jadi kalau informasi sudah benar jangan digorengyang semakin pedas, tandas akun @Ahmad Malik Akbaruddin.

Tak hanya itu, ada pula yang mengungkit tentang manfaatnya demokrasi.

“Saya yang mengusung bapak? Kalau demokrasi kita tidak berjalan, anda tidak mungkin jadi gubernur!,” sahut @Eko Syams

Apa Makna Kata

Debat Capres-Cawapres 2024 pertama akhirnya dimulai malam ini, Selasa (12/12/2023). Debat berlangsung di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat. Pada debat capres 2024 perdana ini, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tampil kompak mengenakan seragam dengan warna senada.

Dari pantauan Liputan6.com, pasangan capres nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mengenakan setelan jas berwarna hitam dan kemeja putih.Kemudian, capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka kompak mengenakan kemeja casual berwarna biru muda.

Sementara itu, capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kompak mengenakan kemeja putih.

Dilansir dari laman Liputan6.com, kemeja putih yang dikenakan kedua capres cawapres ini terdapat tulisan yang cukup menyita perhatian penonton. Pada kemeja Ganjar Pranowo terdapat tulisan ‘Sat Set’ di sisi kanan kemeja.

Sementara di kemejanya Mahfud MD, terdapat tertulisan ‘Tas Tes’ di sisi kanan. Lantas apa sebenarnya makna kata “Sat Set”?

Kata “Sat Set” sendiri mungkin sudah kerap kita dengar namun kata “Sat Set” sendiri sebenarnya tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata “Sat Set Sat Set” sendiri merupakan ungkapan yang diambil dari bahasa Jawa.

Ungkapan “Sat set sat set” dalam bahasa Jawa dapat diartikan sebagai “cepat” “segera” atau “lekas”. Kata ini kerap digunakan untuk menyegerakan suatu kegiatan atau urusan yang sedang dilakukan.

(ayl/gvn)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099