Bangunan Kedai Makanan Pasar Lasem Ambruk, Ada Apa Kira-Kira? – Ayu Sastra

Bangunan Kedai Makanan Pasar Lasem Ambruk, Ada Apa Kira-Kira?

Kondisi Kedai makanan yang roboh kemungkinan karena kualitas bahan bangunan yang kurang baik. (Doc. ayusastra.com/Ayu Lestari).

REMBANG, ayusastra.com – Bangunan kedai makanan yang terletak di bagian komplek Pasar Kreatif Lasem tiba-tiba runtuh. Empat warung makan yakni mie ayam dan bakso Bu Muh Leran, Mie ayam kocok, Kedai kangen esem, Sate ayam dan kambing terkena robohan yang berada di timur Alun-Alun Lasem, Rabu (4/10/2023).

Dilansir dari laman suaramerdeka.com, bagian yang roboh itu adalah bangunan teras. Seorang pemilik kios, Sabarudin mengungkapkan, kejadian ambruknya deretan kios terjadi sekitar pukul 06.30 WIB.

Saat kejadian tidak ada angin atau semacamnya. Bangunan tersebut roboh tidak seketika, namun secara pelan-pelan.

Sabarudin mengira, jika dari segi kualitas bangunan kurang layak lantaran tidak dipasang penyangga. Sementara itu, diduga baja ringan pada bagian kios yang roboh berukuran kecil.

“Saya tunggu di sana, buka CCTV pagi hari kejadiannya. Proses ambruknya itu sedikit-sedikit terus byuk, tidak ada kejadian apa-apa. Tidak ada angin. Kontruksinya kurang bagus, baja ringan tipis,” kata Sabarudin.

Selaras dengan pernyataan Sabarudin, pemilik kedai Mie Ayam Bakso, Siti Eny Hariyani dan Mukayyanah akibat warung yang roboh ini, mengalami kerugian lumayan banyak. Mengingat bahan-bahan untuk persediaan jualan sudah dibuat.

“Mau gimana lagi, barang-barang yang masih sisa juga sudah tidak boleh diambil, takutnya ada runtuhan susulan, padahal sudah nyetok banyak,” jawab Eny.

Eny menjelaskan, kerugian akibat bangunan yang roboh menyentuh nominal hingga Rp 5 juta rupiah.

“Akibat bangunan yang ambrol, bagian depan gerobak saya kondisinya parah,” ungkapnya.

Kendati demikian, AKP Arif Kristiawan selaku Kapolsek Lasem membenarkan kejadian bagian bangunan di komplek Pasar Kreatif Lasem. Saat ini pihaknya masih menghimpun data atas insiden tersebut.

Berdasarkan video yang telah diunggah di media sosial (medsos), memang tampak bagian atap yang memanjang roboh, dan Informasi sementara, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

(ayl/fka)

Ayu Sastra
Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Ayu Lestari, hidup di tengah-tengah sudut kota kecil yang melegenda tepatnya di Kota Lasem. Saya merupakan penulis pemula yang ingin mendedikasikan diri khususnya dibidang kepenulisan. Akun Media Sosial FB : Aeyu Loestari IG : @ayu_lestari230801 @lestari_sastra WA : 0858 - 6803 - 1099